Bruno Mars
Diberdayakan oleh Blogger.

RSS

VENEZIA, ITALY TEMPAT INDAH UNTUK BERWISATA


KOTA AIR VENEZIA, ITALIA




Italia memang bukan hanya Roma,Menara Miring Pisa atau Coloseoum nya yang sarat menyimpan kisah luar biasa. Hampir seluruh Italia menasbihkan dirinya sebagai daerah layak jual bagi wisatawan manca negara. Dari Roma, Sicilia, Toscana hingga Venezia yang dibungkus kisah masa silam. Semua layak dirambah. Pun Venezia yang syarat menawarkan estetika romantika. 

Venezia “venice-dalam bahasa inggris” memiliki julukan kota Cinta-selain paris tentunya, sehingga nuansa
romantis pasti anda dapatkan disana. Venice juga disebut kota air, karena banyak bangunan dan rumah-rumah yang didirikan di air. 

Venesia lebih dikenal sebagai kota wisata dan kota industri. Peninggalan dari kemasyhuran kota dagang menjadikan Venesia sebagai salah satu tempat wisata yang terkenal di tepi Laut Adriatik. Dengan julukan The Queen of The Adriatic yang hingga kini masih melekat. 

Venezia mudah dijangkau dari kota-kota di Italia lainnya,baik dengan mobil, bus hingga kereta. Dari stasiun Fetrovia Santa Lucia, kita bisa langsung naik bus air. Begitu juga perhentian bus umum dan gedung parkir terbesar terletak di Piazzale Roma yang langsung berhadapan dengan terminal bus air. Ada pula bandara di Mestre,sekitar 10 km di luar kota.

STASIUN SANTA LUCIA
Kita bisa menggunakan kereta api cepat seperti Eurostar maupun kereta mirip kelas ekonomi untuk mengunjungi Venesia. Dari berbagai kota di daratan Eropa ada beberapa kereta api yang, langsung maupun harus berganti kereta. Kereta berhenti di Stasiun Santa Lusia.

Di beberapa tempat bisa ditemui kafe 24 jam, jadi tak perlu takut kelaparan. Mau kopi panas sampai minuman teh tersedia di sudut-sudut stasiun. Setelah itu untuk mengelilingi kota yang dibangun dari pulau-pulau kecil itu kita menggunakan vaporetto atau bus air dari pangkalan yang bernama Ferovia, tak jauh dari stasiun. Dari tempat ini pengunjung bisa mengelilingi sejumlah tempat di Venesia. 

Ada sejumlah rute yang bisa dilalui dari pangkalan ini. Salah satu rute yang terkenal adalah Ferovia-San Marco. Bangunan-bangunan megah dan telah berumur ratusan tahun berbatasan langsung dengan laut. Istana, gereja, dan museum bergaya Ghotic, Venezia-Bizantium dan Lombardesque berada di pulau-pula kecil. Pulau yang berjumlah lebih dari 100 itu dihubungkan dengan kanal-kanal. Di kanal inilah beroperasi perahu tradisional yang disebut gondola.

Ini adalah kendaraan yang biasa digunakan kalau ingin mengelilingi kampung-kampung di pulau itu. Sedangkan bus air hanya digunakan di luar kanal. Bus air ini berhenti di sejumlah tempat dan untuk rute Ferovia-San Marco ditempuh dalam waktu setengah jam. Di terminal bus air di San Marco, anda akan bertemu dengan para pedagang souvenir, mulai dari kristal Venesia, kalung, atau replika gondola.

Piazza san Marco dan jembatan Rialto adalah dua tempat menyenangkan untuk disinggahi karena menjadi pusat keramaian. Piazza San Marco dikenal hingga ke suluruh dunia. Merupakan symbol terpenting di Venezia. Berciri khas dengan gaya arsitektur yang sangat kental dengan dunia seni Eropa. Piazza San Marco sebenarnya adalah sebuah menara yang uniknya kita dapat melihat seluruh nuansa kota Venezia dari puncak menara.Ribuan merpati menjadi warga tetap Piazza san Marco,selain keindahan arsitektur gereja San Marco,deretan cafe di setiap sudut San Marco bisa menjadi tempat rehat sembari mendengar musik yang disuguhkan secara live.

Rialto Bridge menghubungkan canal satu dengan canal yang lainnya. maka dari itu fungsinya sangat penting bagi kehidupan masyarakat Venezia. Selain sebagai penghubung jalur, jembatan Rialto Bridge ini sangat indah dan romantis jika kita mengunjunginya pada malam hari. Banyak terdapat lampu-lampu di sekitar area jembatan, menghiasi kota di malam hari. Meskipun jembatan ini harus mengalami beberapa kali renovasi akibat runtuhnya rangka jembatan, namun kini jembatan ini menghiasi jalur wisata di Venezia. Nuansa romantis benar-benar terasa di malam hari. Di restoran atau cafe yang bertebaran di sepenjang jembatan Rialto, penjual bunga mawar hilir mudik menawarkan dagangan, sementara di beberapa sudut jalan terpasang obor dan lampu menyala temaram.
Jika kita berkunjung ke Venezia, maka sempatkanlah diri untuk mendatangi museum of modern art dan museum seni oriental. Museum ini dikenal dengan gaya arsitekturnya yang berciri khas dibangun dan dirancang oleh Baldassare Longhena di abad 17 silam. Di museum terdapat jenis lukisan ternama yang sangat artistic dan kental akan nuansa seninya. Bahkan Indonesia menjadi salah Negara yang melahirkan gaya seni oriental di museum ini setelah China dan Jepang.

Kota Venezia paling nyaman dikunjungi pada bulan April-Mei karena saat itu adalah musim semi dimana cuaca tidak terlalu panas dan dingin yang cocok untuk wisatawan dari negara tropis. Tetapi orang indonesia biasanya memilih bulan Oktober untuk kesana karena saat itu berlangsung dingin,mereka umumnya ingin menikmati salju yang memang tidak ada di Indonesia. Untuk diingat,hindari berkunjung venezia dimusim Panas “juli-agustus” selain cuacanya yang terlalu panas dan tingkat kepadatan wisatawan yang cukup tinggi,bau air sungai di venezia cukup menyengat akibat paparan sinar matahari dan pengabnya udara.

Di venesia ada 3 jenis angkutan yg umum digunakan yaitu gondola,taksi air dan bus air. Dari ketiga nya, bus air merupakan ankutan yg paling murah (4 Euro=6 Ribuan) dan Gondola adalah yg paling mahal (80 Euro= 1 jutaan).Gondola merupakan perahu tradisional sepanjang 6 meter, berwarna hitam, dikayuh Gondolier mengenakan baju tradisional yang hampir semua serupa. Celana hitam kaus bergaris merah putih atau hitam putih, topi anyaman berpita di imbuh jaket jika musim dingin tiba.

Atraksi utama di Venezia adalah piazza san marco yg terletak di ujung Canal Grande, lapangannya yang luas dan ditutup batu selalu penuh dengan merpati. Disana pula berdiri Basilica San Marco yang indah dan ramai dikunjungi wisatawan. Perku diingat anda harus bersabar antre hingga 2 jam untuk menikmati keindahannya. Basilica San Marco memiliki empat kubah dengan ukiran emas di dinding, banyak mosaik terukir indah di dalam Basilica ini, keuntungan lain jika kita ikut rombongan tur, anda akan dibimbing pemandu wisata untuk memahami makna semua mosaik di dalam gereja itu,setara dengan keindahan Basilica San Marco, banyak gereja lain dan bangunan antik bertebaran di venezia semisal gereja Dogas Palace.
Tempat lain yang dapat di kunjungi adalah pulau Murano di lepas pantai Italia adalah rumah dari beberapa kerajinan gelas paling indah yang pernah dibuat. Murano pengrajin kerajinan segalanya dari patung-patung untuk kaca seni sumbat anggur dan perhiasan. Para kerajinan gelas Murano dihasilkan oleh seniman menjadi begitu terkenal sehingga hampir setengah dari populasi pulau tersebut terlibat dalam pembuatan gelas. Ini salah satu buah tangan khas Venezia yang bisa dibawa.
PULAU MURANO
 Salah satu daya tarik wisata di Venezia adalah “Karnaval Italia” (Italian: Carnevale di Venezia) festival yang rutin diadakan setiap tahunnya di kota Venesia, Italia. Karnaval ini dimulai 40 hari sebelum hari paskah dan berakhir pada Mardi Gras, atau hari Rabu abu. Ciri khas dari karnaval ini adalah Topeng Venesia yang terbuat dari kulit atau akrilik, beberapa jenis topeng yang dikenal antara lain Bauta dan Volto atau Larva. Dalam festival ini juga diadakan kontes Topeng dan kostum terbaik yang biasanya dilakukan pada akhir pekan terakhir acara karnaval.



Info Tambahan Tentang Kota Venesia
• Matahari Terbit pada pukul 5:57 pagi.
• Matahari Terbenam pada pukul 8:19 malam.
• Garis lintang ialah 45° 30’ N.
• Garis bujur ialah 12° 20’ E.
• Bertempat di zona waktu Central Europe Time.
• Perbedaan waktu setempat dibandingkan denga UTC/Waktu Greenwich ialah +1 jam.
• Perbedaan waktu siang dibandingkan dengan UTC/Waktu Greenwich ialah +2 jam.
• Penghematan waktu siang dimulai pada hari Minggu, tanggal Maret 28 dan berakhir pada hari Minggu, tanggal Oktober 31. Sisa tahun mengikuti waktu setempat.
• Perbedaan waktu sekarang dibandingkan dengan UTC/Waktu Greenwich ialah 2 jam 0 menit.
• 5 angka kode untuk Kota Venesia adalah ITVCE.


Sumber:

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar